KAWAT GIGI alias BEHEL


Penggunaan awal behel

Banyak yang bilang Pasang behel bisa bikin kurus, males makan, sering sariawan. (gajuga ko, nadya pribadi sih sariawan jarang, males makan juga ga tuh)
Sebenarnya penderitaan yang akan dirasakan amat sangat sakit cuma 1 minggu pertama kok krn mulut ga terbiasa dgn benda asing di gigi kita, jadi bisa timbul sariawan. Tapi bisa disiasati dengan wax ortho (berupa lilin untuk menutupi bagian yang tajam) atau salep yang namanya Salcoceryl (dioleskan pada bagian sariawan atau luka yang diakibatkan gesekan besi pada ruang mulut kita).
Untuk masalah males makan itu karena pada saat gigi ditarik pasti rasanya sakit dan sakit bangett, makan aja gaenak. Tapi kalo udah lama-kelamaan ga kerasa lagi ko sakitnya.
Biar Behel kita awet, hindari makanan yang keras-keras seperti kacang, wortel mentah, dll. Kalo makan juga sebaiknya dipotong terlebih dahulu, jangan memotongnya pake gigi kita soalnya behel kita bisa lepas sebelum pada waktunya atau bracketsnya copot, risih kan kalo karet nya lepas barengan dengan bracketsnya?
ko repot amat ya??? ya secara behel ga bisa dipakai lagi kalo udah dicopot karena udah ada lemnya (dan pastinya lem khusus!!), jadi harus diganti baru. Kadang ada dokter yang baik yang ga mencharge biaya tambahan dengan copotnya behel, tapi ada juga yang mencharge dgn biaya yg lumayan mahall.

Sikat Gigi Khusus & Pasta Gigi

Sikat gigi yang dipakai khusus untuk orthodontik, bentuknya kecil, bulu sikatnya halus, dan ada bagian bolong di tengahnya untuk space Behelnya (makanya kl mau rencana nginep2 di rumah temen, jangan lupa selalu dibawa, soalnya sikat gigi ini ga dijual di warung2 biasa, kan malah repot kalo ga sikat gigi), Sebetulnya klo dipaksain bisa aja pake sikat gigi biasa, tapi kebanyakan sikat gigi biasa, sikatnya kasar dan ga cocok buat teksture Behel kita, jadi bisa2 sikat/bulunya nyangkut di Behel kita.. (tapi kalo aku nadya pribadi sih, engga pake sikat yang khusus juga gapapa, yang penting bersih aja tuh gigi kita, hhee :D ) tapi yang lebih dianjurkan untuk yang giginya tuh parah banget deh..
Selain itu ada sikat tambahan untuk sela2 gigi, bentuknya seperti sikat pembersih botol cuma ukurannya mini banget. Sikat ini juga penting banget, karena orang yang pake behel biasanya terbentuknya karang gigi menjadi lebih cepat. Nah, klo lagi kontrol ke dokter, jgn lupa ni sikat kecilnya di bawa, biasanya pas Brekets lagi dilepas, kita bisa leluasa gosok gigi, biasanya beberapa dokter ngasih waktu untuk gosok gigi pake sikat kecil itu..
Disarankan juga pakai dental floss jika perlu..
Untuk pasta gigi yang dipakai sebaiknya yang mengandung Baking Soda dan Perlindungan ekstra terhadap gigi berlubang.,Pokoknya pilih yang komplit deh biar lebih bersih, ga cepet bolong, dan ga ada karang gigi lagi…

Lama Perawatan dengan Behel

Lama perawatan tergantung ringan atau berat kasus itu gigi, bisa sekitar 1 hingga 2 tahun. (kalo aku pribadi sih cuma 1tahun aja) Dengan catatan pasien rajin melakukan kunjungan 2 minggu - 4 minggu sekali. Biasanya saat perawatan, akan dicabut 2 hingga 4 gigi, karena dibutuhkan ruangan untuk menggerakkan gigi, (itu sih tergantung yang make behel'nya, gigi nya ancur bener-bener apa ga?, kalo nadya pribadi sih gada yang dicabut" soalnya cuma maju dikit gigi atas nya, sama yg bawah agak berantakan).
Sebaiknya untuk perawatan behel lakukan dengan ahlinya, yaitu dokter gigi spesialis ortodontik, Sebenarnya dokter umum pun bisa akan tetapi perawatannya mungkin akan lebih lama apalagi untuk kasus gigi yang berat alias ancur bener bener.

setelah perawatan pemakaian behel sudah selesai, kalo kalian masih mau memakai'nya boleh-boleh aja tuh, sekalian buat trend-trend'an :D asalkan tetap kunjungan ke dokter agar diganti karetnya, kan kalo ga di ganti" kan nnti kotor karet'nya dan akan menganggu lingkungan kalian sendiri, karna gigi kalian terkotori (hhee) gamau kann? ..

biaya memakai behel


untuk biaya pemakaian behel bervariasi dari yang paling murahnya 1juta sampe berjuta-juta.. hhe
kalo untuk permanent atas dan bawah harganya bervariasi, berkisar atas nya 2juta, bawahnya 2juta jadi total 4juta, ada yg atas nya 6juta, bwahnya 6juta jadi total 12juta. tapi kalo aku pribadi atasnya 4juta bawahnya 4juta jadi total 8juta. kalo behel sih emang gabisa dibohongin, kalian pasti berbeda dokter semua.. so harga pasti bervasiasi tergantung dari dokter itu sendiri, dan kualitasnya juga pasti berbeda-beda.. dann itu tuh hanya berisi(kawat,bracket,karet,o-ring) yang udah dipasang sm dokternya.. belum yang setiap 2minggu sekali atau 4minggu sekali harus wajibun ke dokter untuk periksa dan ganti karetnya, yang kena biaya berkisar 100.000-300.000. dann belum juga yang kalian harus beli sikat giginya yang khusus,odolnya,lilinnya dll... bisa dibilang kalian harus bener" irit kalo mau dapatkan hasil gigi yang memuaskan.. :)
kalo yang behel permanent berwarna bening dalam arti, ini tuh bukan karna karetnya yang bening tapi emang behelnya khusus berwarna bening, sama dengan warna gigi kita.. itu lebih mahal dari yang biasa nya, diatas 8jutaan..
kalo behel yang lepas pasang lumayan murah, tapi ga murahan!! harga berkisar 500.000-2juta, bisa dibilang buat kualitas tidak terlalu bagus, apalagi bagi kalian yg bener" membutuhkan untuk merapihkan gigi, ini tidak terlalu bagus.. yang bagus memang yang permanent..

tapi untuk sekarang ini behel jadi ramai alias TREND"an, apalagi dikalangan anak remaja :D dan sekarang ini jadi banyak behel-behel'an alias tiruan, yang cuma buat gaya-gayaan doang :D dan harganya juga TERJANGKAU!! yaampun kalo buat gaya-gayaan menurut anak jaman sekarang apasih yang engga? haha ya gaa? tapi kalo aku bilang sih, jangan cuma buat gaya-gayaan lah, kita kan belum tau kualitasnya bagus apa ga? siapa tau malah membuat gigi kita ada apa"nya? ya ga? gamauu kann?  lagian kalo emang gigi kalian sudah rapih gausah lah pakai behel apalagi kalo cuma buat gaya"an.. nyiksa diri sendiri aja deh, yang kalian harus nahan gimana rasa sakitnya itu diawal pemakaian dan disetaip perawatan ganti karetnya, beuhh sakitt!!!
yaa itusih urusan kalian sendiri, saya hanya menyarankan.. :DD
tapi tetep keliatan beda ko, mana yang make behel asli dan mana yg cuma buat gaya-gayaan..
so, behel kan buat merapihkan gigi, bukan buat trend"an lagii... :DD


Tidak ada komentar:

Posting Komentar